Senin, 24 Oktober 2011

VISI, MISI dan STRATEGI


PEMERINTAH DESA MARGAJAYA
KECAMATAN TANJUNGSARI
KABUPATEN SUMEDANG


       Visi dan Misi

1.      Visi Desa
“Menuju Desa  Margajaya  mandiri,  yang melayani dan mensejahterakan masyarakat“
2.      Misi Desa
         Misi Desa Margajaya yang ingin dicapai adalah :
a.    Meningkatkan Kinerja   Pemerintahan Desa
b.    Meningkatkan pembangunan dan pengelolaan sarana dan prasarana
c.     Mengembangkan perekonomian masyarakat
d.    Meningkatkan kualitas kesejahteraan  masyarakat


     Strategi dan Arah Kebijakan
Misi Pertama,
Meningkatkan kinerja   Pemerintahan Desa
Pada misi ini dititikberatkan pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat pengguna layanan.  Untuk meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan pula adanya penyesuaian waktu dan jangkauan pelayanan terhadap beberapa jenis pelayanan tertentu yang memudahkan akses masyarakat memperoleh pelayanan. Selain itu kebijakan strategis yang diperlukan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dari Pemerintahan Desa, sehingga mampu menerapkan kemampuan yang terbaik baik bagi masyarakat secara horizontal, maupun secara vertical yaitu tugas pelayanan dari pemerintahan selanjutnya.
Misi Kedua,
Meningkatkan pembangunan dan pengelolaan sarana dan prasarana
Misi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendistribusian pelayanan sarana dan prasarana yang merata di seluruh wilayah Desa Margajaya . Hal ini dilakukan melalui peningkatan pelayanan dengan kegiatan pembangunan, serta peningkatan, rehabilitasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana. . Misi ini juga menekankan pada kebijakan peningkatan pengelolaan sarana dan lembaga yang ada seperti Sarana GOR, BUMDES, tanah kas desa  dan lain-lain.
Misi Ketiga,
Mengembangkan perekonomian masyarakat
Melalui misi ketiga ini akan melahirkan berbagai kebijakan, diantaranya peningkatan perekonomian masyarakat melalui peningkatan jaringan kemitraan kelompok simpan pinjam, Raksa Desa, PNPM MP kegiatan ekonomi dan lain-lain.  Kebijakan lainnya adalah meningkatkan usaha kecil menengah mikro dan usaha  pertanian.
Misi Keempat,
Meningkatkan kualitas kesejahteraan  masyarakat
Pada misi ini beberapa kebijakan yang diharapkan diantaranya meningkatkan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Misi keempat ini juga menggulirkan kebijakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya pelayanan kesehatan yang lebih baik melalui penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar. Peningkatan pelayanan kesehatan juga dilakukan dengan peningkatan pelayanan Poskesdes, Posyandu dan pemberdayaan kadernya. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat ini juga dilakukan melalui penyelenggaraan Desa Siaga dengan 8 indikatornya, termasuk PHBS dan kadarzi. Kebijakan terhadap pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui peningkatan penanganan masalah-masalah social , seperti pemberdayaan penyandang cacat, jompo, anak terlantar dan lain-lain. Pemberdayaan masyarakat lainnya melalui peningkatan pengelolaan penanggulangan kemiskinan, seperti pengaturan Raskin, perbaikan rumah tidak layak huni dan sebagainya.

Tidak ada komentar: